Sekarang kita telah memasuki gelombang ketiga, yakni
perubahan teknologi informasi. TIK telah menjadi simbol gelombang perubahan.
Perubahan ini melanda semua bagian kehidupan, termasuk di dalam pendidikan. TIK
sebagai alat bantu pembelajaran dapat berupa alat bantu mengajar bagi guru,
alat bantu belajar bagi siswa, serta alat bantu interkasi antara guru dengan
siswa.
Saat ini, telah cukup banyak alat bantu yang bisa digunakan untuk mempermudah proses KBM, baik yang berupa perangkat lunak maupun yang berupa perangkat keras. Sebagai contoh alat yang berupa perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi dalam matematika . Salah satu software matematika yang digunakan untuk menggambar grafik fungsi dan cukup populer adalah Graph. Graph sendiri dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi dengan fungsi parameter dan fungsi polar. Selain itu juga perkembangan teknologi telah menciptakan berbagai macam alat yang bisa di gunakan dalam pembelajaran khususnya matematika semisal kalkulator. Fungsi kalkulator banyak digunakan untuk pendidikan Pelajar menggunakan kalkulator untuk mengerjakan tugas sekolah seperti aritmatika. Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.
Seringkali bagi kebanyakan orang permasalahan matematika merupakan suatu hal yang cukup memusingkan. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Dengan menggunakan komputer bisa membantu mempermudah pekerjaan kita yang satu ini. Algoritma pemrograman dapat dimanfaatkan untuk memecahkan berbagai macam masalah matematika, kita menyebutnya dengan algoritma matematika. Anda perlu tahu bahwa sangat banyak fungsi matematika yang dapat implementasikan dalam bahasa pemrograman, salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk menulis algoritma matematika yaitu bahasa pemrograman C Penggunaan komputer selain untuk melakukan perhitungan dan pengolahan data juga dapat membantu siswa untuk belajar atau sebagai medium untuk menyampaikan materi pelajaran.
Ada berbagai jenis program aplikasi teknologi berbasis komputer yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Program tersebut dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). Dalam program CAI, komputer digunakan sebagai sarana atau media belajar yang dapat membantu tugas guru atau sebagai pengganti peran guru dalam menanamkan suatu konsep. Media komputer dapat membantu guru untuk menyampaikan konsep-konsep materi pelajaran kepada siswa dalam bentuk audiovisual, dan diharapkan mampu memantapkan konsep yang telah diperoleh siswa pada saat proses pembelajaran dalam waktu yang cukup lama. Komputer memberikan kesempatan siswa lebih luas dalam menginvestigasi matematika daripada kalkulator. Hal ini disebabkan karena kemampuan memori komputer yang jauh lebih besar dari kemampuan menampilkan gambar dalam monitor yang lebih sempurna. Sebagai contoh:
● Membuat Grafik Garis Lurus Berbentuk y = mx + c dengan Ms Excel
Dengan mengganti persamaannya, maka nilai variabel y, akan berganti secara otomatis, dan model grafik akan berganti, program ini bertujuan untuk mendemonstrasikan kepada siswa bagaimana kedudukan titik-titik pada garis y=mx+c.
Saat ini, telah cukup banyak alat bantu yang bisa digunakan untuk mempermudah proses KBM, baik yang berupa perangkat lunak maupun yang berupa perangkat keras. Sebagai contoh alat yang berupa perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi dalam matematika . Salah satu software matematika yang digunakan untuk menggambar grafik fungsi dan cukup populer adalah Graph. Graph sendiri dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi dengan fungsi parameter dan fungsi polar. Selain itu juga perkembangan teknologi telah menciptakan berbagai macam alat yang bisa di gunakan dalam pembelajaran khususnya matematika semisal kalkulator. Fungsi kalkulator banyak digunakan untuk pendidikan Pelajar menggunakan kalkulator untuk mengerjakan tugas sekolah seperti aritmatika. Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.
Seringkali bagi kebanyakan orang permasalahan matematika merupakan suatu hal yang cukup memusingkan. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Dengan menggunakan komputer bisa membantu mempermudah pekerjaan kita yang satu ini. Algoritma pemrograman dapat dimanfaatkan untuk memecahkan berbagai macam masalah matematika, kita menyebutnya dengan algoritma matematika. Anda perlu tahu bahwa sangat banyak fungsi matematika yang dapat implementasikan dalam bahasa pemrograman, salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk menulis algoritma matematika yaitu bahasa pemrograman C Penggunaan komputer selain untuk melakukan perhitungan dan pengolahan data juga dapat membantu siswa untuk belajar atau sebagai medium untuk menyampaikan materi pelajaran.
Ada berbagai jenis program aplikasi teknologi berbasis komputer yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Program tersebut dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). Dalam program CAI, komputer digunakan sebagai sarana atau media belajar yang dapat membantu tugas guru atau sebagai pengganti peran guru dalam menanamkan suatu konsep. Media komputer dapat membantu guru untuk menyampaikan konsep-konsep materi pelajaran kepada siswa dalam bentuk audiovisual, dan diharapkan mampu memantapkan konsep yang telah diperoleh siswa pada saat proses pembelajaran dalam waktu yang cukup lama. Komputer memberikan kesempatan siswa lebih luas dalam menginvestigasi matematika daripada kalkulator. Hal ini disebabkan karena kemampuan memori komputer yang jauh lebih besar dari kemampuan menampilkan gambar dalam monitor yang lebih sempurna. Sebagai contoh:
● Membuat Grafik Garis Lurus Berbentuk y = mx + c dengan Ms Excel
Dengan mengganti persamaannya, maka nilai variabel y, akan berganti secara otomatis, dan model grafik akan berganti, program ini bertujuan untuk mendemonstrasikan kepada siswa bagaimana kedudukan titik-titik pada garis y=mx+c.
·
Operasi Matriks dengan program Maple
·
Pemaparan materi dengan menggunakan program Ms
Powerpoint. Dll.
Matlab merupakan bahasa pemrograman
yang hadir dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda dengan bahasa
pemrograman lain yang sudah ada lebih dahulu seperti Delphi, Basic maupun C++.
Matlab merupakan bahasa pemrograman level tinggi yang dikhususkan untuk
kebutuhan komputasi teknis, visualisasi dan pemrograman seperti komputasi
matematik, analisis data, pengembangan algoritma, simulasi dan pemodelan dan
grafik-grafik perhitungan. Matlab hadir dengan membawa warna yang berbeda. Hal
ini karena matlab membawa keistimewaan dalam fungsi-fungsi matematika, fisika,
statistik, dan visualisasi. Matlab dikembangkan oleh MathWorks, yang pada
awalnya dibuat untuk memberikan kemudahan mengakses data matrik pada proyek
LINPACK dan EISPACK. Saat ini matlab memiliki ratusan fungsi yang dapat
digunakan sebagai problem solver mulai dari simple sampai masalah-masalah yang
kompleks dari berbagai disiplin ilmu.
Itulah beberapa contoh fungsi teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan, khususnya pada pembelajaran matematika.
Itulah beberapa contoh fungsi teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan, khususnya pada pembelajaran matematika.
Kelebihan dalam jurnal ini adalah :
1. memberikan contoh kongkrit dalam menggunakan Tekhnologi dalam pembelajaran matematika.
Kekurangan dalam jurnal ini adalah :
1. Terdapat kata - kata asing yang tidak di berikan penjelasan.
1 komentar:
kita juga punya nih artikel mengenai 'Fungsi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/836/1/D87-D95_Yusuf.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat
Posting Komentar